Rabu, 02 Oktober 2019

Pengertian,Karakteristik dan contoh Sistem Cerdas

A. Pengertian Sistem Cerdas
Sistem cerdas atau biasa lebih di kenal dengan Kecerdasan Buatan atau Intelegensi Buatan(Artificial Inteligence) merupakan cabang terpenting dalam dunia komputer. Komputer bukan hanya alat untuk menghitung, tetapi diharapkan dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia. Manusia mempunyai pengetahuan, pengalaman dan kemampuan penalaran yang baik, agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia, maka komputer juga harus dibekali pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk menalar.
Berikut beberapa definisi Kkcerdasan buatan menurut ahli:
·         John McCarthy [1956]: Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) ialah Memodelkan proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar menirukan perilaku manusia.

·         H. A. Simon [1987]“ Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) ialah sebuah tempat sebuah penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas”

·         Rich and Knight [1991]: “Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) ialah sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.”

·         Encyclopedia Britannica: “Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) ialah cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan”

B. Karakteristik Sistem Cerdas
·         Mempunyai satu atau lebih sifat :
1.      Mampu mengekstrak dan menyimpan pengetahuan
2.      Proses penalaran seperti manusia
3.      Pembelajaran dari pengalaman atau training
·         Tren terkini, interaksi yang lebih canggih dengan pengguna melalui :
1.      Pemahaman bahasa alami
2.      Pengenalan dan sintesis bicara (speech)
3.      Analisis citra (image)
·         Kebanyakan system cerdas saat ini berbasis pada
1.      Sistem pakar berbasis aturan
2.      Satu atau lebih metodologi dalam soft computing

C. Contoh Sistem Cerdas
·         VR ( Virtual Reality)
Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tetapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.

Fungsi VR di setiap bidang :

1.       Bidang Media dan Hiburan (Game, Simulasi Lingkungan)
2.       Bidang Medis dan Kedokteran (Anatomi Tubuh Manusia)
3.       Bidang Militer (Perang)
4.       Bidang Perjalanan (Simulasi Pesawat Komersial dan Pesawat Tempur)
5.      Bidang Olahraga (Latihan, Pertandingan, E-Sport)

·         Drone
Drone adalah pesawat tanpa awak  yang dikendalikan dari jarak jauh. Dahulu mungkin orang mengenal drone atau pesawat tanpa awak digunakan oleh militer untuk memata-matai musuh di daerah konflik. Tapi kini Drone non militer menjadi hobi baru, penggunanya juga sangat beragam mulai dari anak sekolah hingga profesional.

·         Smartwatch
Smartwatch, secara bahasa terdiri dari 2 kata yakni "Smart" yang artinya pintar/cerdas dan "Watch" yang berarti jam/arloji, nah udah pada tahu kan arti dari Smartwatch ini, ya betul smartwatch adalah arloji pintar, mirip dengan arti dari smartphone yang dalam Bahasa Indonesia dimaknai dengan ponsel pintar. 

Daftar Pustaka :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar