Selasa, 29 Oktober 2019

PROGRAM MEMBUAT GARIS VERTIKAL, HORIZONTAL DAN DIAGONAL MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DAN LIBRARY OPENGL


GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA

PROGRAM MEMBUAT GARIS VERTIKAL, HORIZONTAL DAN DIAGONAL
MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DAN LIBRARY OPENGL



NAMA     : Lalu Devinka              
NPM      : 13117269   
KELAS     : 3KA22          





FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2019
NetBeans IDE 8.0 dan OpenGL

Disini penulis akan membuat program menggambar garis horizontal, vertical, dan diagonal pada java dengan menggunakan NetBeans IDE dengan library OpenGL(Open Graphic Library). Dimana pada java, OpenGL terdapat atau terbungkus pada LWJGL(LightWeight Java Game Library).

Langkah-langkah membuat program
1.     Install Netbeans IDE terbaru terlebih dahulu. Pertama download NetBeans pada link berikut https://netbeans.org/downloads/8.0.2/ kemudian pilih Java SE, karena kita hanya akan membuat program pada desktop saja.
2.     Download LWJGL terbaru di link berikut https://sourceforge.net/projects/java-game-lib/files/Official%20Releases/LWJGL%202.9.3/ . Pilih lwjgl-x.x, lwjgl-docs-x.x, lwjgl-source-x.x. (x menandakan versi lwjgl terbaru). Kemudian buat folder baru dengan nama LWJGL, dan simpan file LWJG yang baru di download tadi kedalamnya. Setelah itu ekstrak file tersebut
3.     Setting Up LWJGL ke dalam NetBeans. Pertama buka NetBeans kalian dan buat project baru, buatlah nama project OpenGLTest kemudian pilih menu Tools->Libraries dan pilih New Library. Buat nama library menjadi LWJGL kemudian tekan OK. Kemudian pilih library yang kita buat tadi lalu klik, dan tambahkan file LWJGL yang kita download tadi kedalamnya. Klik Add JAR/Folder dan masukkan file yang tadi didownload seperti berikut :





 



 

 

Kemudian klik OK, dan kembali ke menu utama, disana pilih Libraries pada menu project dan klik kanan pilih add library-> pilih library yang kita buat tadi lalu Ok. Setelah itu klik kanan pada project kita kemudian pilih properties dan pada kategori Run pada VM Option masukkan Path file LWJGL kalian. Sebelum path, kalian tambahkan -Djava.library.path={Path_LWJGL}.

 

1.     Membuat Script Program.
Pertama kita buat class Menu terlebih dahulu untuk memudahkan kita mengimplementasi class yang lain saat di panggil nantinya.
main class




 
 

 




Dalam class ini kita akan membuat menu interface dengan Panel pada java. Kemudian kita membuat menu pilihan dimana user akan diminta input pilihan untuk membuat garis. Kemudian Script diatas adalah kondisi dimana bila user mengklik close pada window akan muncul dialog box dan program akan berakhir.










Diagonal.class



 
 



Pada class ini kita akan membuat garis diagonal. Pada script diatas kita akan membuat User Interface nya terlebih dahulu agar memudahkan user menggunakan programnya.




Lalu pengecekan kondisi saat user melakukan input. Jika semua textfield kosong maka akan menampilkan sebuah dialog




 





Jika terisi maka program akan melakukan perhitungan di dalamnya seperti script diatas. Pertama program akan merubah nilai ke integer kemudian akan mengecek apakah nilai x dan y awal tidak sama dengan x akhir dan y akhir? Bila tidak sama akan menampilkan display garis horizontal nya. Dan pada saat display di close maka akan dikembalikan ke main menu.


 

  
Dan jika user tidak menginput sesuai aturannya maka akan muncul dialog pesan untuk meminta menginput kembali.



horizontal class



 







Sama seperti sebelumnya, kita akan membuat menu interfacenya terlebih dahulu

 


Lalu melakukan pengecekan nilai untuk melakukan perhitungan jika inputan user benar. Pada script diatas bila text input kosong atau salah satu kosong maka akan menampilkan dialog, jika text box semua terisi maka akan mengkonversi nilai ke integer

 
 




 Jika benar maka akan menampilkan display seperti sebelumnya, dan membuat line didalam display tersebut sesuai perhitungan diatas.


Dan berikut adalah kondisi jika nilai inputan salah.


Vertical.class
Pertama kita buat dulu menu interfacenya
 


 





Kemudian kita buat pengecekan kondisinya



 
 






Program dijalankan
Menu Utama


 


Bila user melakukan input pilihan


 


 Masuk ke menu garis horizontal

 


Menampilkan hasil inputan user berupa garis

 

Dialog menu saat memasuki menu.

 

 

 Menu garis vertical

 

User melakukan input dan ditampilkan berupa garis

 

Masuk ke menu garis diagonal


Menampilkan hasil inputan user berupa garis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar