Selasa, 10 Maret 2020

ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS


Definisi Animasi
Animasi adalah gambar begerak yang terbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap  pertambahan hitungan waktu yang terjadi.
Gambar atau Objek yang dimaksud adalah berupa gambar hewan, tulisan, dan manusia.

Jenis jenis Animasi :

1. Animasi Sel (Cell Animation)
Kata "cell" berasal dari kata "celluloid", merupakan material yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada saat awal. Sel animasi merupakan lembaran-lembaran yang membentuk sebuah frame animasi tunggal. Sel animasi merupakan sel terpisah dari lembaran latar belakang dan sebuah sel untuk masing-masing obyek yang bergerak secara mandiri di atas latar belakang. Lembaran-lembaran ini dapat memungkinkan animator untuk memisahkan dan menggambar kembali bagian-bagian gambar yang berubah antara frame yang berurutan.
2. Animasi Frame (Bingkai Animasi)
Animasi bingkai adalah bentuk animasi yang sederhana dan memucat. Diumpamakan Andari mempunyai sebuah Buku bergambar yang berseri di tepi Auditan berurutan. Bila jempol Andari membuka buku Artikel baru cepat, maka gambar akan kelihatan Bergerak.
3.Animasi Sprite (Sprite Animasi)
Animasi sprite serupa dengan Artikel Baru Teknik animasi ATB, yaitu obyek yang diletakkan dan dianimasikan pada bagian Puncak Grafik Artikel baru latar Belakang diam. Sprite adalah setiap bagian bahasa Dari animasi Andari yang bergerak secara mandiri, misalnya Burung Bagus terbang, planert berotasi.
4. Animasi Path ( Path Animasi)
Animasi path adalah animasi dari objek yang pergerakannya mengikuti garis lintasan yang telah ditentukan. Contohnya adalah animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi path akan diberi perulangan animasi, sehingga animasi dapat terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini juga bisa didapatkan dengan teknik animasi path, jenis teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan sebagai lintasan gerakan objek.
5. Animasi Spline ( Spline Animasi )
Spline adalah representasi secara matematis dari kurva. Bila obyek bergerak, biasanya tidak mengikuti garis lurus, misalnya berbentuk kurva. Program animasi computer memungkinkan Anda untuk membuat animasi spline dengan lintasan gerakan yang berbentuk kurva.
6. Animasi Vektor (Vector Animasi)
Animasi vektor serupa Artikel Baru animasi sprite. pada animasi sprite menggunakan bitmap untuk sprite, animasi vektor menggunakan rumus Matematika untuk menggambarkan sprite. Rumus inisial serupa Artikel Baru Yang rumus menggambarkan kurva spline.
7. Animasi Clay ( Clay Animasi )
Animasi ini sering disebut juga animasi doll (boneka). Animasi ini dibuat dengan menggunakan alat bantu seperti boneka-boneka tanah liat atau material lain yang digerakkan perlahan-lahan, kemudian setiap pergerakan boneka-boneka tersebut akan difoto secara beruntun, setelah proses pemotretan selesai, rangkaian foto dijalankan dalam kecepatan tertentu sehingga menghasilkan gerakan animasi yang unik. Contoh penerapan animasi ini adalah pada film Chicken Run dari Dream Work Pictures.
8. Animasi Karakter (Character Animation)
Animasi karakter merupakan sebuah cabang khusus animasi. Contoh Animasi karakter yang Anda lihat adalah film kartun. Animasi ni berbeda dengan animasi lainnya, misalnya grafik bergerak animasi logo yang melibatkan bentuk organic yang komplek dengan penggandan yang banyak, gerakan yang hirarkis. Tidak hanya mulut, mata, muka dan tangan yang bergerak tetapi semua gerakan pada waktu yang sama.


Definisi Desain Grafis
Motion graphic merupakan pengembangan dari seni desain grafis. Desain Grafis adalah salah satu bentuk seni terapan yang mengkomunikasikan pesan, informasi, ide, konsep, atau ajakan menggunakan bahasa visual. Desain grafis mencakup keterampilan mengolah visual, yang didalamnya terdapat tipografi, ilustrasi, fotografi, olah digital, dan layout. Seseorang desainer dituntut untuk memiliki kepekaan terhadap fenomena yang terjadi di sekitar lingkungannya, agar karya yang diciptakan mampu memecahkan sebuah masalah yang ada. Sebelum desainer mengeksekusi sebuah desain, biasanya akan  melakukan sebuah riset atau penelitian tertentu. Setelah itu, untuk menemukan berbagai macam keywords (kata kunci), desainer akan melakukan brainstorming, mengenai data hasil riset yang sudah mereka lakukan.

Jenis Desain Grafis
v  Desain Grafis 2 dimensi : desain grafis yang terlihat tidak timbul (kurang terlihat nyata), contohnya spanduk yang berisi tulisan biasa,  gambar persegi, gambar lingkaran, dll.
v  Desain Grafis 3 dimensi : desain grafis yang terlihat timbul (terlihat nyata), contohnya spanduk dengan gambar foto nyata, gambar atau tulisan yang nampak timbul, gambar balok, kubus, bola, dll.
v  Desain Grafis Multimedia : desain grafis yang bisa dinikmati oleh beberapa indera, seperti penglihatan sekaligus suara, contoh desain grafis multimedia lama adalah wayang kulit ketika dimainkan, contoh desain grafis multimedia terbaru adalah film kartun atau film animasi.

Proses Pembuatan Desain Grafis
v  Ide / Konsep
v  Proses Pembuatan (metode)
v  Hasil Desain

Macam macam Software Desain Grafis :
1. Software pengolah gambar & foto
Adobe Photoshop ,ACDsee, CorelDRAW, dll
2. Software untuk Desain Website (webdesign)
Adobe Dreamweaver, Aadobe Photoshop, Notepad, Microsoft Frontpage
3. Software untuk Desain Multimedia / Audio Visual
Adobe Afte Effect, Final cut,  Adobe premier, Power Director

sumber :
http://yuliahendro.blogspot.com/2019/03/animasi-dan-desain-grafis.html
https://www.s-notess.tk/2017/03/pengenalan-desain-grafis-animasi.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar